Selasa, 17 Februari 2015

Apa itu vinyl?



Taukah kamu bahan yang di gunakan untuk membuat tas,sepatu,kotak perhiasan,lantai yang sering kamu pakai?
Selain bahan kulit asli kita tahu ada bahan sintesis atau imitasi yang sering di gunakan untuk produk yang kita pake sehari hari, bahan tersebut adalah bahan vinyl.

Bahan Vinyl sering disebut sebagai bahan kulit sintetis. Secara penampilan, bahan vinyl memiliki warna dan bentuk sangat keren dan terkesan mewah. Bahan vinyl juga memiliki koleksi warna beragam dan menarik sehingga dalam penerapan biasanya digunakan sebagai tas-tas wanita atau pelapis hardcase / peti instrumen musik. Bahan vinyl memiliki karakteristik kedap air namun kurang lentur. Di lapangan, ditemukan dua tipe bahan vinyl yang sering digunakan dipasaran yaitu Vinyl biasa (atau sering disebut dengan istilah Vinyl) dan Vinyl oscar. Kekuatan vinyl oscar lebih baik daripada vinyl, namun harga vinyl oscar jauh lebih tinggi daripada vinyl.

Vinyl tidak dibuat dengan bahan alami, namun tipe dan jenis plastik ini dibuat oleh manusia. Vinyl adalah jenis dan tipe plastik yang dibuat dari etilena yang biasa ditemukan dalam minyak mentah dan klorin yang biasa ditemukan dalam garam biasa. Vinyl merupakan jenis plastik yang sangat berbeda dengan plastik lainnya. Vinyl dapat dengan mudah didaur ulang karena daya tahan nya. Vinyl merupakan produk yang terbuat dari bahan yang memiliki jangka hidup yang panjang. Tipe dan jenis plastik vinyl biasa digunakan untuk botol minyak goreng, untuk pengepakan kemasan daging segar dan terkadang tipe dan jenis plastik vinyl digunakan untuk produk-produk berbahaya seperti botol alat pembersih kaca.


Anda bisa membuat berbagai kreasi dengan ahan vinyl tergantung dari selera. Secara umum bahan vinyl digunakan untuk bahan pelapis seperti lantai,box,tas, sepatu dan lain lain. tetapi di butuhkan sedikit perawatan khusus agar bahan vinyl tetap nampak bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar